Minggu, 30 Maret 2014

Resep Bakpao Lezat, Enak, dan Empuk

Bakpao ?? adalah masakan yang sangat terkenal di negeri tirai bambu atau china. bakpao terkenal dengan bentuknya yang setengah lingkaran dan besar, teksturnya yang sangat lembut dan kenyal, serta isi didalamnya juga sangat lezat. bahksa, saya pernah beli bakpao sampai 6 biji sekaligus karena lezatnya ituloh... bikin pengen nambah terus.
Bahan utama untuk membuat bakpao adaLah tepung terigu yang dicampur dengan ragi agar roti mengembang. Resep kali ini akan membuat bakpao dengan isian kacang hijau di dalamnya. Selain kacang hijau, bakpao juga bisa diisi dengan coklat, daging ayam, kacang tanah, dan lain-lain sesuai dengan selera.
resep-bakpao-empukBahan I
 500 gram tepung terigu
 2 sendok teh ragi
 200ml air
Bahan II
 500 gram tepung terigu
 250 gram gula pasir
 40 gram mentega putih
 1 sendok teh garam
 2 sendok teh baking powder
 200 ml air
Bahan untuk isi bakpao:
 100 gram kacang hijau tanpa kulitnya, rendam selama semalaman
 75 gram gula pasir
 50 ml santan
 2 lembar daun pandan
 ¼ sendok teh garam
 ¼ sendok teh vanili
Langkah:
1. Langkah yang pertama adalah membuat isian dari bakpao terlebih dahulu. Siapkan kacang hijau dan daun pandan lalu rebus keduanya hingga kacang hijau menjadi empuk. Lalu masukkan santan beserta garam, vanilla bubuk, dan gula pasir. Lalu rebus hingga airnya menjadi kering dan kacang sudah menjadi menggumpal. Lalu angkat dan tiriskan.
2. Selanjutnya adalah membuat bahan yang pertama. Campurkan tepung terigu dan ragi serta air ke dalam wadah lalu aduk semuanya sampai adonanan menjadi tercampur dengan rata. Jika sudah tercampur rata tutup adonan dengan menggunakan lap bersih dan diamkan sampai adonan mengembang kurang lebih selama 3 jam. Sisihkan.
3. Lalu untuk membuat bahan yang kedua langkahnya adalah campur tepung terigu beserta mentega, gula pasir, garam, baking powder dan juga air. Uleni dengan menggunakan tangan hingga semua bahan sampai tercampur rata. Lalu masukkan adonan tersebut ke adonan tepung ragi. Uleni lagi sampai adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Lalu tutup adonan dengan menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi sedikit. Dan diamkan hingga 1 jam lamanya sampai adonan mengembang.
4. Setelah adonan sudah mengembang, adonan dipukul-pukul dan kembali uleni lagi agar udara yang terdapat di dalam adonan tersebut terbuang.
5. Lalu adonan dibentuk menjadi bulatan yang besar dan potong adonan lalu timbang dengan berat 30 gram. Setelah itu adonan pipihkan. Isi adonan tersebut dengan kacang hijau yang sudah dibuat tadi lalu bulatkan lagi dan biarkan selam 20 menit sampai adonan mengembang.
6. Ulangi terus sampai adonan dan isian habis.
7. Kukus adonan bakpao yang sudah selesai ke dalam dandang. Tutup dandang dengan menggunakan kain bersih agar uap air tidak menetes.
8. Kukus selama kurang lebih selama 15 menit hingga adonan matang dan mengembang. Lalu angkat dan sajikan.
Isi bakpao bisa diganti dengan selera anda sendiri, seperti selai, kacang hijau, ataupun ayam . semoga berhasil mebuat Bakpao Lezat dan empuk.

0 komentar:

Posting Komentar